Tahun Perdana team YFRI di Kejuaran Asia, setiap seri makin berkualitas.

Tahun Perdana team YFRI di Kejuaran Asia, setiap seri makin berkualitas.

Team Yamaha Factory Racing Indonesia menuntaskan musim perdananya digelaran ajang balap motor tertinggi di Asia. Dalam 1 tahun keikut sertaan di Asia Road Racing Championship tentu ada banyak hal yang didapat oleh seluruh team yang turut didalamnya. Dimulai dengan launching team pada Tanggal 2 Maret 2015 menjadi awal perjalanan Team Yamaha Factory Racing Indonesia yang dipersiapkan demi target jangka panjang  untuk jenjang karier balap bagi pebalap muda Indoensia yang berprestasi untuk dapat berkompetisi dilevel Internasional khususnya motogp agar dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia dengan menggandeng team, tekhnisi dan sponsor lokal dari Indonesia.

Dalam perjalannya 1 musim, total 6 seri telah dilalui oleh team YFRI di 5 negara. Kita dapat melihat Yamaha Factory Racing Indonesia sudah menunjukkan peningkatan dari seri ke seri. Peningkatan mulai dari skill pebalap yang sudah mulai mampu cepat beradaptasi di sirkuit. Para pebalap pun juga tidak berhenti belajar menggali pengalaman di lintasan mulai dari mencari titik pengereman yang tepat sampai titik masuk dan keluar tikungan. Semakin lengkap pada seri terkhir kantor pusat Yamaha Jepang mensupport dengan menyediakan Riding Advisor dari pebalap berpengalaman Shinichi Nakatomi untuk 13 pebalap Yamaha yang turun.

Selain itu team teknisi juga semakin cepat meramu kencangnya motor R25, dan pengembangan motor balap R25 tergolong sangat cepat. Contoh seperti setting mapping pengapian, pengembangan oil cooler dan air radiator dari PT AAI, serta tidak ketinggalan muffler Sakura sebagai racing service yang terus mendapingi team. Tentu semuanya memberikan efek positif bagi pengembangan motor R25. Sponsor Kayaba sebagai official sponsor suspensi terus mendampingi dalam melakukan perubahan setting suspensi dan perbaikan spesifikasi.

Hasilnya 1 musim keikut sertaannya tersebut Galang Hendra mampu menempati posisi 9, Imanuel dan Sigit berada di posisi 12 & 14 pada kelasemen akhir dari total 33 rider yang ikut serta. Raihan dan pencapaian dari pebalap tersebut juga mampu membawa team Yamaha Factory Racing Indonesia untuk menempati posisi 5 klasemen team dari 27 team yang memang sudah malang melintang dan punya pengalaman lebih bermain dikelas 250cc. Ini adalah buah hasil kerja keras Yamaha mengedukasi para pebalapnya.

Namun memang hasil tersebut belum memberikan kepuasan tersendiri untuk mereka yang berada dan terlibat didalamnya. Tetapi tujuan edukasi pebalap, tekhnisi dan pengembangan motor R25 Yamaha Factory Racing Indonesia sudah kasi bukti.

Pak Supriyanto selaku Manager MotorSport PT.YIMM pun cukup bangga dengan raihan teamnya walau menurutnya belum sempurna tapi progressnya sangat cepat mulai dari rider, teknisi dan development motor balap R25.

“YFRI masuk dalam kategori team kuat karena sudah berada di antara team-team kuat yang malang melintang bermain di kelas 250cc. Ini salah satu raihan yang kami sangat apresiasi perjuangan team, khususnya tekhnisi dan rider karena walau baru setahun tapi progressnya begitu cepat terlihat. Kami pun juga mengucapkan terima kasih untuk sponsor yang terlibat didalamnya dan teman-teman media yang telah mengawal perjalanan team kami ditahun 2015” Ujarnya

Jadi intinya target keseluruhan untuk edukasi pebalap dan tekhnisi telah tercapai di tahun ini. Ajang balap asia adalah salah satu tempat dan kesempatan yang diberikan oleh Yamaha bagi talenta-talenta pebalap muda dan teknisi Indonesia untuk dapat berlaga ditingkat internasional sebagai pembelajaran terhadap dunia balap internasional. Selanjutnya, bidikan untuk tahun 2016 adalah makin kompetitifnya team YFRI di balap Asia dengan beberapa regulasi yang pastinya akan baru.

Terus dukung pebalap Yamaha Indonesia dalam perjuangannya mengharumkan nama bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.